tess

tesss

Masalah Printer Inpus

 on Senin, 12 November 2012  

Saya rencananya membuat kartu mahasiswa sendiri, dengan desain dan cetak printer. Jadi printer Canon MP280 saya, yang ganti semua cartridge printer (warna dan hitam) dan ingin menginfusnya. Saya membawa printer tersebut di MTC dan menunggu hampir sejam akhirnya selesai juga.
Sampai dirumah saya mencobanya dan hasilnya memuaskan. Namun selang beberapa hari saya coba hasilnya tidak memuaskan, warna kuning kayaknya tidak ada. Saya coba buka tutup casing printer, ternyata selang untuk warna kuning tidak sampai di cartridge-nya. Saya coba Cleaning dan Deep Cleaning, tapi hasilnya tetap sama. Wah bagaimana nih solusinya ?.
Saya mencoba terus berharap kuning keluar, tapi malah timbul masalah baru, warna hitamnya lagi tidak keluar. Wah buat sakit kepala saja nih.
Saya coba lagi buka tutup casing printer dan ternyata selang untuk warna hitam printer juga ngadat, tidak sampai di cartridge.
Coba lagi Cleaning dan Deep Cleaning, hasilnya tetap sama. Saya mencoba berani membuka cartridge dan selangnya, mungkin agak longgar, dan mencoba cleaning untuk warna hitam, tapi hasil tetap sama. Saya mencoba membuka lagi cartridge dan selang, memeriksa kembali, ternyata karet pada selang inpus yang digunakan untuk penyambung cartridge yang macet, pantesan tinta hitam yang mengalir dari selang ke cartridge tidak sampai. Saya mencoba mengganti karet penyambungnya, akhirnya masalah pertama, warna hitam sudah lancar kembali.
Nah kembali ke masalah yang awal lagi, mengenai tinta hitam yang tidak keluar. Saya berpikir masalahnya bukan pada selang infus nya, karena semau warna di selang infus lancar saja jalannya, jadi saya perkirakan masalah pada cartridge warna.
Saya membuka semua selang pada cartridge warna dan mengeluarkan cartridge pada printer. Kemudian saya tes cartridge di atas tisu, dan memang tinta warna kuning tidak keluar. Akhirnya saya rendam cartridge dengan menggunakan ....... untuk beberapa menit. Kemudian saya mencobanya lagi ke tisu, hasilnya warna kuning sudah muncul. Kemudian saya suntik tinta warna kuning ke lubang cartridge warna kuning dan memasang cartridge kembali kedalam printer.
Coba lagi Cleaning dan Deep Cleaning agar semua tinta berjalan lancar ke cartridge, dan mencoba nge print dengan kualitas high, akhirnya usaha saya berhasil. Asyik......
Masalah Printer Inpus 4.5 5 Herlan Hamdan Senin, 12 November 2012 Saya rencananya membuat kartu mahasiswa sendiri, dengan desain dan cetak printer. Jadi printer Canon MP280 saya, yang ganti semua cartridge...


1 komentar: